Tuesday 24 May 2016

CARA BURNING VIDEO MENGGUNAKAN NERO

ASSALAMU ALAIKUM

terkadang teman-teman mempunyai file yang ingin dipindahkan ke CD atau DVD, baik itu file berbentuk video, musik ataupun persentasi. baik untuk hanya untuk keperluan menyimpan saja ataupun ingin teman-teman putar menggunakan DVD/CD player di rumah ataupun di kendaraan bahkan untuyk sarana persentasi terutama buat kakak-kakak yang lagi membuat skripsi.

untuk memindahkan file ke CD atau DVD tidak sekedar menekan tombol copy dan paste saja, namun ada proses yang hasrus dialami. proses tersebut diistilahkan dengan sebutan burn/burning. untuk melakukan burning teman-teman bisa menggunakan dua metode, yaitu tanpa software maupun menggunakan sofware. namun metode tanpa software kurang efektif karena file biasa tidak bisa terbaca oleh CD/DVD.

software yang paling populer digunakan adalah Nero Express yang mempunyai fitur yang sangat mudah dan sangat cepat dibandingkan dengan aplikasi lainnya. tidak hanya itu dengan Nero teman-teman bisa memutar kaset tersebut di DVD/CD player teman-teman.

sebelum memberikan langkah-langkah burning, perlu teman-teman ketahui bahwa ada dua macam dari CD/DVD, yaitu ada yang CD/DVD-R dan ada yang CD/DVD-RW. CD?DVD-R adalah kaset yang hanya berguna untuk membaca data saja atau penyimpanannya bersifat permanen seperti namanya yaitu R dengan kepanjangan Read. sedangkan, CD/DVD-RW adalah kaset yangdapat digunakan untuk membaca, menulis atau menghapus data sesuai dari kepanjangan RW, yaitu Read and Write. 

setelah teman-teman mengetahui kode dari CD/DVD, saatnya teman-teman simak langkah-langkah dibawah ini.

CARA BURNING MENGGUNAKAN NERO
  • masukkan CD/DVD ke CD/DVD room. 
  • buka aplikasi Nero Express, pada menu sebelah kiri, pilih videos/imagenes. dan pada sebelah kanan pilih opsi yang paling atas.
 
  • pada sebelah kanan kotak dialog pilih tombol dengan simbol plus putih latar hijau. kemudian pilih file yang teman-teman ingin burn.
 
  • kemudian pilih tombol arah kanan pada bagian bawah kotak dialog.
  • pada kolom name of disc, masukkan nama atau judul dari video. pilih lanjutkan dengan klik tanda burn pada bagian bawah.
  • maka proses burning sedang diproses. tunggu sampai selesai. mudahkan?
 perlu diketahui, sebelum melakukan burn, sebaiknya teman-teman melihat dulu kapasitas CD/DVD dengan file yang akan di burn. silahkan teman-teman menggunakan CD/DVD yang sesuai dengan ukuran file.

terima kasih, semoga bermanfaat dan dapat diamalkan.


1 comment: