Saturday 21 May 2016

MEMBERI PASSWORD PADA FILE MENGGUNAKAN WINRAR

ASSALAMU ALAIKUM

diantara teman-teman yang membaca artikel ini pasti mempunyai file-file yang tidak ingin dlihat oleh orang lain atau bersifat privasi. baik itu berupa foto, video, maupun aplikasi lainnya. maka dari itu salah satu cara agar data tersebut tidak dapat dilihat oleh orang lain yaitu dengan memberi kata kunci atau password terhadap file tersebut.

banyak cara agar data teman-teman tidak dapat dilihat oleh orang lain, baik itu menggunakan applikasi yang memang khusus untuk mengunci file atau memanfaatkan fitur dari komputer dengan cara menyembunyikan dengan memanfaatkan fitur hidden. namun menyembunyikan data dengan fitur hidden sudah terlalu mainstream bagi pengguna PC, jadi cara ini masih kurang efektif.

maka dari itu melalui artikel ini saya akan memberikan tutorial tentang memberi password pada file menggunkan WinRar yang lebih singkatnya mengunci file WinRar. aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk memperkecil atau mengompres data, serta melindungi data agar tetap awet dari serangan virus. aplikasi ini membaca file yang umumnya seperti *.rar, *.zip, bahkan dapat membaca file dengan jenis *.ISO. untuk memprsingkat waktu, langsung saja teman-teman mengikuti atau menghapal langkah-langkah di bawah ini.

 MEMBERI PASSWORD PADA FILE MENGGUNAKAN WINRAR
  •  pilih file atau folder yang ingin di beri password.
  • klik kanan pada data tersebut, kemudian pilih add to archive...
  • pada kotak dialog yang muncul, klik pada perintah atur kata sandi.
  • maka akan muncul kotak dialog yangterdiri dari 2 kolom.
  • pada kolom pertama, masukkan katasandi yangteman-teman inginkan. dan pada kolom kedua masukkan konfirmasi kata sandi dengan mengetikkan ulang kata sandi teman-teman yang ada pada kolom pertama.
  • pilih OK. kemudian OK lagi. tunggu sampai proses pengarsipan selesai.
  • buka data arsip yangtelah dibuat tadi. maka akan muncul kotak konfirmasi kata sandi.
kalo teman-teman memang niat untuk mengunci data tersebut, silahkan teman-teman hapus file/folder yang telah di kompres tadi. jangan lupa menghapusnya di Recycle Been pula.

 terima kasih telah berkunjung. semoga bermanfaat dan dapat diamalkan. simak video tutorialnya dibawah.

No comments:

Post a Comment